Witma Irna

Anak kedua dari lima bersaudara , madrasah tempat kiprah nya MAN LIKO Sumbar...

Selengkapnya
Navigasi Web
BAJU KARTINI IBU KU 77 TAHUN LALU

BAJU KARTINI IBU KU 77 TAHUN LALU

Tantangan hari ke - 57

#tantangangurusiana

Pikiran penulis pergi berkelana ke masa tahun depan puluhan dimana seluruh siswa perempuan selalu setia mengikuti untuk memakai baju Kartini setiap tanggal 21 April setiap tahun dalam rangka memperingati hari lahirnya pahlawan wanita berpengaruh di Indonesia bahkan dunia yaitu Ibu Kita Kartini. Karena begitu besar jasanya untuk emansipasi atas kesamaan gender Di masa itu memang wanita tidak dihargai, tidak boleh mendapatkan pendidikan yang layak hanya tugasnya harus di rumah mengurus suami, anak dan memasak. Kemudian RA Kartini berjuang agar wanita tidak ditindas dan bisa sejajar dengan pria lewat sebuah perjuangannya yang menyuarakan kebenaran. Beliau memang wanita cerdas yang pemberani hingga semua yang dilakukan memberi arti yang sangat besar bagi wanita Indonesia sampai saat ini.

Melalui Keputusan Presiden RI No 108, tanggal 2 Mei 1964, RA Kartini ditetapkan menjadi Pahlawan Kemerdekaan Nasional. RA Kartini, salah satu pahlawan wanita Indonesia yang patut dikenang sepanjang masa. Tentu masyarakat Indonesia sudah kenal dengan potongan lagu yang berbunyi “Wahai ibu kita kartini puteri yang mulia, sungguh besar cita – citanya bagi Indonesia”. Potongan lagu tersebut merupakan lagu persembahan Indonesia untuk kemuliaan dan perjuangan ibu Kartini di era penjajahan.

Berkat jasa beliau telah menjadi emansipasi perempuan dihargai, disamakan kedudukan dengan kaum laki-laki, sampai saat ini kita semua kaum hawa masih menikmati jasa beliau dengan kemedekaan berpendapat dan meneruskan perjuangan beliau untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa ini, buku Ibu Kita Kartini dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang. Kartini pada zaman now bukan saja memperingati dengan membudayakan dengan pakaian sebagai peringatan hari bersejarah seorang pejuang malahan lebih dari itu untuk menggerakkan dunia pada kemajuan pendidikan bangsa Kartini tumbuh bertebaran dari Sabang sampai ke Merauke melanjutkan perjuangan beliau dengan tidak mau kalah satu dengan yang lainnya dan selalu berkompetisi menerbitkan buku bahkan ada sudah banyak menerbitkan karyanya. Itu merupakan wujud dari dari kelanjutan perjuangan kartini zaman now. Dalam hadis mengatakan : “Orang yang pertama membuka pintu kebaikan selagi ada orang yang dibelakangnya mengikuti dia akan mendapat investasi kebaikan nya” semoga kita dapat mencontoh dan melanjutkan perjuangan Ibu Kita Kartini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maaf ibu..saya kira tadi cerita nya ttg baju itu lhoooo.salam hari kartini buk

02 Apr
Balas

Makasih ibu Darinas sudah mau membaca

03 Apr

Makasih pit

03 Apr
Balas



search

New Post